Kamis, 21 Oktober 2010

Persiapan Lahan Kolam Terpal

Penulis melakukan teknik budidaya dengan metoda Kolam Terpal, ada banyak ukuran yang bisa digunakan, dengan asumsi untuk 1 meter kolam dapat menampung sebanyak 100 ekor ikan lele. Penulis sendiri memulainya dengan sekala percobaan yaitu menggunakan kolam ukuran 2 x 5m yang bisa diisi dengan benih sebanyak 1000 ekor.
Lahan yang digunakan harus lahan terbuka artinya tidak ada pohon yang menaungi secara langsung, kalaupun diperlukan pohon peneduh, maka jumlahnya tidak banyak dan hanya di sekeliling tepi lahan saja.

Berikut tahapan secara garis besar untuk persiapan kolam:

1.      Pengerjaan tanah
Sebidang tanah ukuran 2 x 5m dikeruk atau digali sedalam 50 cm, ini penting untuk membantu terpal menahan beban air. Pastikan tanah telah dibersihkan dan harus rata, kemudian di tengah-tengah kolam buatlah cerukan kecil memanjang seperti parit untuk saluran air.

Tanah digali sedalam 50cm



Pembuatan parit di tengah



2.      Pembuatan rangka bambu
Setelah lahan sudah siap maka buatkanlah rangka dari bambu pada sekeliling kolam setinggi 1m dengan pola seperti pagar, pastikan ukuran rangka adalah 5 x 2 x 1,5m (P x L x T) sehingga pemasangan terpal nantinya akan mudah dengan ukuran yg presisi.

Rangka kolam



3.      Persiapan terpal
Belilah terpal dengan ukuran 5 x 8m, kemudian bersihkan menggunakan air dengan cara menggosoknya dengan lap dan diulang beberapa kali supaya zat-zat kimia pada terpal terbuang, tidak dianjurkan menggunakan sabun.


 Terpal yang telah dibersihkan


4.      Pemasangan terpal
Pasangkan terpal mengikuti bentuk rangka bambu dengan hati-hati supaya terpal tidak bocor, kemudian lipat bagian pojok terpal mengikuti bentuk rangka, setelah itu isilah dengan air. Rapikan terpal sambil pengisian air berlangsung, ini dapat membantu pemasangan terpal lebih mudah. Setelah terpal terpasang dengan rapi, selanjutnya ikatkan setiap ujung atau sisi terpal dengan tali rapia yang ditambatkan pada rangka bambu, kemudian lanjutkan pengisian air hingga ketinggian mencapai 50cm.


Pemasangan terpal sambil mengisi air



Ketinggian air 50cm


5.      Pemupukan kolam
Untuk menciptakan kondisi air yang ideal bagi tempat hidup lele, kita harus membuat pemupukan terlebih dahulu, ini demi mencapai PH air yg sesuai dg kebutuhan lele. Caranya dengan menggunakan kotoran kambing dan ramuan herbal (buatan Abah Nas), pertama kita masukan kotoran kambing pada karung sebanyak 15 kg, sebaiknya dibagi dua masing-masing 7,5 kg lalu cemplungkan kedalam kolam, biarkan menggantung dalam air jangan diberi pemberat. Kemudian siapkan ramuan herbal (buatan Abah Nas) sebanyak 4 sendok, larutkan dalam 5 liter air dan tambahkan 2 sendok garam dapur, setelah larutan diaduk selanjutnya disebar ke dalam kolam secara merata, biarkan kolam selama 8 hari (minimal).


Herbal utk kompos



 Kolam yang sedang dikompos (umur 6 hari)



Silakan diperiksa setelah dilakukan pemupukan kolam akan banyak dipenuhi plankton/jasad renik/jentik-jentik dan kolam siap untuk digunakan.

34 komentar:

  1. Blognya mantab, pastinya akan sangat membantu petani2 nubie dari pengalama agan dengan diposting dimari.

    saya duduk sambil menunggu pengalaman berikutnya diposting dimari jg... he he he

    salam
    nafry

    BalasHapus
  2. Thx udah berkunjung, iya rencananya ane mw posting ngikutin perkembangan di kolam. Tgu updatenya aj ya gan...
    ~salam~

    BalasHapus
  3. Bro, utk terpal dan ketinggian kolam diupdate lg, yg sebelumnya salah tuh. Kolam juga ane benerin lg seperti petunjuk.

    BalasHapus
  4. kang, sumedangna dimana ?? sim kuring oge tertarik kana bisnis ieu..mung sim kuring nuju kuliah heula...sim kuring nuju milarian mentor kanggo ieu usaha

    BalasHapus
  5. herbalnya dah dapat ya brow... kasih petunjuk dong....... ramuannya apa aja yah?

    thanks b4

    BalasHapus
  6. @Akhmadsyahbana: Sumedang daerah Cihaur/Cibeureum, setelah Cimalaka sebelum Legok.
    @Nafry: Herbal disuplai dari kadernya Anah Nas, komposisinya sy sendiri belum tau.

    BalasHapus
  7. ohh...bisa sharing2 pengalaman atuh gan...soalnya setahu saya di Sumedang belum ada pembudidaya Lele yg menggunakan manajemen yg baik, semuanya masih tradisional...kapan2 boleh mampir ke kolamnya buat ngobrol2 donk gan ??

    BalasHapus
  8. @Kang Ahmad: Oh mangga juragan, berkunjung ke kolam sekalian ngobrol-ngobrol boleh lah. :)

    BalasHapus
  9. pak, apa fungsi parit yg ditengah kolam tersebut? bagaimana nih perkembangan terakhirnya? semoga sukses.
    thanks
    husyaini, medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi parit ditengah untuk memudahkan pengurasan air jika akan membersihkan kolam, juga untuk mempermudah panen supaya Lele berkumpul dan mudah diambil.

      Hapus
  10. salam kenal kang, Blog nya keren abis, boleh tanya tidak bagaimana untuk bisa mendapatkan ramuan herbal tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk petani pembesaran ramuan herbal didapat secara gratis, silakan PM ke nomor kontak.

      Hapus
  11. Mohon Postingan cara membuat ramuan herbalnya Pak
    Karena Lele saya banyak mati karena penyakit.
    Saya sangat menunggu postingan dari bapak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara pembuatan herbal tidak dipublikasikan, tetapi bisa didapat secara gratis, silakan PM.

      Hapus
  12. maaf gan newbi nanya, gan apa ketinggian air kolamnya dr tebar bi2t sampai panen te2p 50cm ??? tolong donk gan d ulas ttg ketinggian air kolamnya ??
    utk pemupukannya apa bs d ganti dgn kotoran ayam ??
    Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketinggian air kolam disesuaikan dengan pemakaian jenis pakan, silakan baca di postingan TATA GUNA AIR.

      Hapus
  13. cara dapetin ramuannya abah nasrudin gimana? mau donk kalo ada yang mau ngasih bisa kali di sms hhe...085691712237

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Iya Gan, ShoutMix sekarang berbayar. ganti ShoutBox tuh Gan yang gratis, hehehehe. Monggo dilanjut.

      Hapus
  15. Gan nanya donk, kalo kotoran kambing bisa dibeli dimana ya?
    maklum nubitol :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di carefour gan....hehhehehe

      Hapus
  16. mau tanya gan,apakah berpengaruh jika kolam sirkulasi dengan kolam yang enda ada sirkulasi airnya,dan apakah air sumur bisa di pakai,trims,,
    balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air sumur bisa dipakai dengan catatan melalui perlakuan pengomposan terlebih dahulu. Untuk sirkulasi kami tidak pernah mengguanakannya karena metoda yang kami gunakan dg sistim air mati (green water system.

      Hapus
  17. selamat malam kang
    kalau ukuran kolam lebih kecil misalnya 2x1x1 meter, cara pembuatannya bagaimana, apakah sama dengan yang 5x8x1 meter, halaman rumah saya kecil soalnya kang
    terima kasih atas jawaban nya kang

    BalasHapus
  18. Informasi yang sangat bagus dan lengkap
    sangat membantu masyarakat dalam berusaha perikanan
    terima kasih
    salam..??!

    BalasHapus
  19. kalo ganti,bisa ganti pupuknya pake kompos?
    Trus sekam di ganti pake apa?
    Sekam dan pupuk kandang sulit di cari di tempat tinggal saya..

    BalasHapus
  20. kalau pengomposannya tidak menggunakan kotoran kambing atau kotoran sapi, bisa menggunakan bahan apa lagi ya pak?

    BalasHapus
  21. ass, lam kenal ni...sy mau tanya? kalau untuk ukuran kolam 1x1x0,50cm itu idealnya diisi dengan benih 100 ekor, yg sy mau tanyakan?? ukuran brapa benih yg bagus untuk diiisi ke kolam....trims, balas y juragan

    BalasHapus
  22. Ilmu yg bermanfaat blasanya surga.lanjut kang

    BalasHapus
  23. kalo dah tebar bibit kotoran kmbngnya dibuang pa gak?

    BalasHapus
  24. Kalo tidak punya ramuan herbalnya gimana.? Ada alternatif lain gak gan?

    BalasHapus
  25. tolong kasih tau pembuatan herbalnya,,,smoga buat ladang pahala buat anda2 sekalian

    BalasHapus
  26. makasih infonya bang. gimana cara dapat gratisan ramuan abang? makasih bang. ini kontak saya 08980095202

    BalasHapus