Rabu, 20 Oktober 2010

Sejarah Lele Sangkuriang


Ikan Lele jenis ini adalah hasil crossback (silang balik) yg dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Ini dilakukan karena Ikan Lele Dumbo yg diintroduksi tahun 1985 dari Afrika Selatan telah banyak mengalami penurunan kualitas akibat perkawinan sekerabat "inbreeding", seleksi induk yang salah atas penggunaan induk yang berkualitas rendah. Penurunan kualitas ini dapat diamati dari karakter umum: matang gonad, derajat penetasan telur, pertumbuhan harian, daya tahan terhadap penyakit dan nilai FCR (Feeding Conversion Rate).
Akhirnya BBPBAT Sukabumi melakukan "pemurnian" dengan mengawinkan Lele Dumbo betina F2 (generasi ke2) yg dulu diintroduksi dari Afsel dengan pejantan F6 (generasi ke 6) yg masih keturunannya. Secara resmi Lele Jenis ini telah direlease oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, dengan Nomor Kepmen KP 26/Men/2004 tanggal 21 juli 2004 sebagai jenis unggulan.
Nah, peristiwa ini diilhami dari cerita Rakyat Jawa Barat tentang sasakala Tangkuban Perahu, dikisahkan bahwa Dayang Sumbi (ibunya) ingin dinikahi Sangkuriang (anaknya), inilah awal mula munculnya istilah Lele Sangkuriang.


Perkembangan Lele Sangkuriang tidak lepas dari peran seorang petani yang telah berhasil menciptakan "model" budidaya alami berbasis Organik, adalah Bapak Nasrudin, atau lebih dikenal sebagai Abah Nas yang bermarkas di Wilayah Gadog, Kab Bogor telah berhasil melakukan budidaya lele jenis ini secara efektif dan praktis. Di pasaran saat ini telah beredar buku karangan beliau dengan judul "Jurus Sukses Berternak Lele Sangkuriang".

Saat ini bisnis Lele Sangkuriang sangat potensial dengan pasar yg sangat terbuka lebar, selain cepat besar harganya juga bagus.





4 komentar:

  1. om mau tanya itu jenis pakan L1 dan L2 dst..., itu maksudnya pakan pelet jenis apa ya? atau bisa didapat di tempat penjualan pakan lele dimana saja ?.., makasih om kalo berkenan menjawab, andre (andre.krisn4@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. L1 = Di pasaran namanya LL1K (Produk Matahari Sakti)
      PL2 = Bisa menggunakan 781-2 (Produk Pokphand)
      PL3 = Bisa menggunakan 781 Polos (Produk Pokphand)
      SNL = Pakan tenggelam Produk Shinta

      Semua produk diatas umumnya dijual di Toko Pakan Ikan

      Hapus
  2. info yang sangat bermanfaat buat newbie seperti saya, terimakasih dan mohon izin copas juragan ...

    BalasHapus