Senin, 09 April 2012

PEMBENIHAN LELE SANGKURIANG


Alhamdulillah penulis sudah melangkah pada segmen usaha Pembenihan Lele Sangkuriang, untuk masuk ke segmen ini penulis sebelumnya mengikuti pelatihan di tempatnya “Sang Maestro” Abah Nasrudin selama 3 hari. Berbekal pengalaman itu penulis langsung terjun mempraktekan apa yang telah didapat selama pelatihan.

Indukan Lele Sangkuriang

            Indukan diperoleh langsung dari sumber indukan yang ada di kolamnya “Abah Nasrudin”, indukan ini telah dipelihara secara baik dan profesional sehingga terjamin kualitasnya dan sengaja dipilih indukan yang siap pijah.



Sumber Indukan

Kolam Indukan

Sebelum mendatangkan indukan, penulis telah menyiapkan kolam induk yang sebelumnya telah dilakukan “penanganan khusus” seperti pengomposan dan lain-lain.  Kolam induk berukuran 5m x 3m x 1,5m (P x L x T) dengan ketinggian air 60 cm.



Kolam Induk

Kolam Pemijahan
           
            Setelah kolam induk sudah selesai selanjutnya dibuat Kolam Pemijahan, sebagai media khusus untuk indukan memijah. Kolam Pemijahan berukuran 4m x 2m x 1m (P x L x T) dengan ketinggian air 30cm.



Kolam Pemijahan



Kolam Penetasan (Pemeliharaan Larva)
           
            Sebagai media pemeliharaan benih maka dibutuhkan Kolam Penetasan Telur, yang nantinya digunakan untuk penetasan telur dan pemeliharaan larva hingga berukuran benih siap tebar. Kolam Penetasan Telur berukuran 4m x 3m x 0,5m (P x L x T) dengan ketinggian air 20cm.


 
Kolam Penetasan


Kakaban

            Selanjutnya dibutuhkan juga Kakaban sebagai media tempat menempelnya telur, kakaban dibuat dengan bahan dari Ijuk, ukuran kakaban 1,5 m (panjang) dengan lebar ijuk sekitar 40 cm.



Kakaban


Pelaksanaan Pemijahan

           Kini semua persiapan telah selesai tinggal pelaksanaan pemijahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:
-        Seleksi induk;  dibutuhkan indukan yang memenuhi kriteria tertentu seperti umur indukan, asal usul indukan, indukan harus sehat, bobot/ ukuran indukan dan tentunya indukan harus siap memijah.
-         Persiapan air; air yang digunakan harus air bersih terhindar dari pencemaran.
-         Pemijahan dilakukan secara alami bukan disuntik, ini dilakukan supaya benih yang dihasilkan benar-benar benih yang unggul dan sehat.
-       Setelah semua persiapan sudah selesai selanjutnya memindahkan indukan pada kolam pemijahan, dilakukan dengan hati-hati dengan penuh kasih sayang supaya indukan tidak stress. Biasanya sore hari indukan dipindahkan maka malam harinya indukan akan memijah dan pagi hari telur sudah memenuhi kakaban.




 Siap memijah




 Indukan selesai memijah




 Pejantan tangguh




Pagi hari telur telah menempel pada kakaban




Pemijahan yang benar menghasilkan telur banyak


4 komentar:

  1. Menakjubkan, lanjutkan bosss....

    BalasHapus
  2. Blognya sudah pindah kemari:

    http://lelesangkuriangsumedang.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Sangat keren
    Sangat membantu untuk kami yang berada didaerah Sumatera Utara.
    Mohon ada lanjutan informasinya yang terbaru, dan kami.ingin. ada komunikasi dengan Bapak, termasuk Abah Nas.

    BalasHapus
  4. Mantap bos artikelnya
    yang butuh ijuk kakan ikan bisa hubungi saya, pin bb 54e2e304
    berkunjung juga ke blog saya bos
    http://produkijuk.blogspot.com/2015/04/ijuk-kakaban-ikan.html

    BalasHapus